Batik

Sejarah Batik Tuban

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejarah Batik Tuban – Batik merupakan salah satu budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Pada 1950-an lalu Bung Karno memperkenalkan batik ke dunia, namun sebenarnya batik sudah ada sejak ribuan tahun lalu, dipakai oleh nenek moyang kita untuk berbagai acara, baik formal maupun non-formal.

Sayangnya, tidak ada data pasti kapan batik pertama kali dibuat. Ada yang mengatakan bahwa batik merupakan karya seni kuno yang berasal dari Sumeria, yang dibawa oleh pedagang India dan kemudian berkembang di Jawa.

Advertisements

Namun, tetap batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Berdasarkan tempat berkembangnya, batik yang ada di Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu batik pedalaman dan batik pesisiran.

Batik pedalaman adalah batik yang berkembang di daerah pedalaman, misalnya di Yogyakarta dan Solo. Batik pedalaman juga dikenal dengan batik keraton atau batik klasik.

Sedangkan batik pesisiran adalah batik yang berkembang di daerah pesisir Jawa. Misalnya, batik gedog Tuban, Batik Cirebon, dan Batik Pekalongan.

Yang akan kita bahas kali ini adalah Batik Gedog yang menjadi ciri khas kota Tuban. Apa saja sih motif dan jenis batik gedog Tuban? Dan bagaimana sejarahnya?.

Sejarah Batik Tuban

Tuban merupakan kota yang berada di pesisir utara pulau Jawa. Kota yang terletak di Jawa Timur ini memiliki corak kebudayaan unik percampuran tiga kebudayaan, yaitu:

Kebudayaan Jawa, kebudayaan ini sudah mengakar sejak jaman Majapahit.

Kebudayaan Islam, Tuban menjadi salah satu basis berkembangnya Islam di Jawa, dan disini salah satu 9 Wali dimakamkan, yaitu Sunan Bonang. Tak hanya itu, Tuban dikenal dengan julukan Bumi Wali.

Kebudayaan China, di Tubanlah para tentara Kubilai Khan melarikan diri dari kekalahannya pada pertempuran abad XII lalu.

Ketiga budaya inilah yang bercampur menjadi satu kebudayaan dan mempengaruhi kehidupan masyarat Tuban.

Motif Batik Tuban

Jika dilihat motifnya, motif pada batik Tuban ini dipengaruhi oleh nilai nilai kebudayaan Islam, Jawa, dan Tiongkok.

Misalnya gambar burung pada batik gedog merupakan pengaruh dari kebudayaan Tiongkok. Motif burung yang ada di Batik Gedog Tuban ini merupakan burung Hong yang tidak ada di Tuban.

Motif bunga pada batik ini berasal dari motif tradisional yang juga ada di seluruh batik di Jawa.

Sedangkan pengaruh Islam pada batik gedog Tuban ada pada motif yang diberi nama Kijing Miring.

Dulu, batik tulis ini dipergunakan untuk upacara tradisional, upacara pernikahan, pemakaman, sedekah bumi dan acara sakral lainnya.

Namun seiring perkembangan jaman, batik ini diproduksi untuk berbagai keperluan, mulai dari fashion, dekorasi, dan aksesoris.

Jenis Batik Tuban

Jika kita mendengar Batik Tuban, yang ada di benak adalah Batik Gedog, namun sebenarnya masih ada jenis batik lain yang juga menjadi ciri khas Tuban lho. Berikut ini beberapa jenis batik Tuban.

Batik Gedog

Nama batik gedog berasal dari bunyi kain tenun saat proses pemintalan. Pada awalnya batik gedod dibuat oleh para istri yang menunggu suaminya yang bekerja bercocok tanam.

Batik Gedog Tuban

Di waktu luang inilah, ibu-ibu Kecamatan Kerek mengisi akticitassnya dengan membuat batik.

Seiring dengan perkembangan jaman, batik gedok mengalami perubahan pada motifnya karena adanya sentuhan kebudayaan lain seperti kebudayaan Tiongkok dan Islam.

Batik Karang

Sesuai namanya, batik ini berasal dari desa Karang, Kecamatan Semanding. Ciri utama batik ini adalah warnanya yang cerah.

Sejarah Batik Tuban

Motif pada batik ini menggunakan motif natural seperti batik gedog, namun ada motif ikan yang tidak ada pada batik gedog.

Batik Karang ini belum begitu terekspos, karena minimnya referensi dan publikasi jika dibandingkan dengan batik gedog.

Batik Palangan

Jenis batik ini berkembang di wilayah Kecamatan Palang, hingga ke Kecamatan Paciran, Lamongan. Sama dengan batik Karang, Motif Batik Palangan juga kurang terekspos karena jumlah pembuatnya sedikit.

Motif Batik Tuban

Batik ini merupakan batik premium yang tak bisa didapatkan dengan mudah di pasaran.

Tak hanya itu, proses pembuatan batik ini hingga 2 bulan. Karena kelangkaan inilah, justru banyak kolektor memburunya.

Advertisements

Keunggulan batik ini adalah batikan yang sangat halus dan teliti.

Nah itulah Sejarah batik Tuban, motif beserta jenis-jenisnya. Saat ini batik gedog paling banyak diproduksi dan sudah bisa didapatkan dengan mudah di pusat oleh-oleh Tuban. Batik gedog inilah yang paling banyak diaplikasikan pada berbagai model fashion wanita, dikombinasikan menjadi gamis batik, maupun model fashion wanita yang lain. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Write A Comment

20 + = 21