Batik

Sejarah dan Keunikan Batik Madura

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejarah Batik Madura – Madura yang terkenal dengan kuliner khas nya, sate madura dan soto madura, ini memiliki seni budaya yang tak kalah dari daerah lain lho.

Apa sih yang kalian inget waktu denger kata Madura? Satenya yang enak dan khas? Atau karapan sapi? Selain dua hal itu ada lagi lho yang tak kalah terkenal. Yaitu batik madura.

Advertisements

Batik tulis Madura banyak diminati dan tak kalah dengan batik dari daerah lain lho guys. Bahkan populer hingga ke dunia Internasional. Apa sih yang membuat Batik Madura di minati banyak kalangan?

Motif batik madura

Berbeda dengan batik dari daerah lain, Batik Madura dikenal memiliki karakter yang kuat. Ciri-cirinya dengan penggunaan warna yang berani dan terkesan ngejreng seperti warna merah, kuning, dan hijau muda.

Tak banyak yang mengetahui kalau sebenarnya batik madura memiliki ribuan motif dan bahkan paling terkenal di pasar batik Indonesia maupun Internasional.

Untuk motif batik, kebanyakan batik madura didominasi motif binatang seperti kupu ataupun burung. Selain motif binatang, batik madura juga memiliki motif lain yang tak kalah terkenal seperti motif bunga.

Keunikan lain dari batik madura adalah penggunaan pewarna alami untuk membuat batik. Tak heran satu batik proses pembuatannya hingga bertahun-tahun, dan memiliki harga hingga puluhan juga. Namun keawetannya juga terjamin hingga ratusan tahun.

Sejarah batik madura

Madura sudah dikenal sejak lama menjadi salah satu sentral produsen batik. Salah satunya di Kota Pamekasan yang sudah menjadi pusat perkembangan batik madura. Banyak perajin dan pengusaha batik bermukim di wilayah ini. Meski demikian, di beberapa daerah lain di Madura juga berkontribusi dalam perkembangan Batik Madura.

Advertisements

Selain pasar internasional, batik madura juga menjadi komoditas yang menjanjikan karena berkaitan dengan tradisi masyarakat Pulau Madura itu sendiri.

Nah itulah beberapa informasi motif dan sejarah batik Madura. Layaknya Batik Pekalongan, Batik Tuban, Batik Solo, dan batik daerah lain, Batik Madura harus diperhatikan dan di lestarikan sebagai aset seni dan budaya kebanggaan Indonesia.

Advertisements

Write A Comment

50 − = 40