Salim Soraya Seorang manusia yang hobi nulis & ngeblog buat ngisi waktu luang.

Batik Khas Cianjur

55 sec read

Advertisements

Batik Khas Cianjur – Batik menjadi salah satu warisan bangsa yang harus di lestarikan. Setiap daerah memiliki batik khas dengan keunikan dan makna nya tersendiri.

Sebelumnya sudah kita bahas batik khas Tuban dan Batik khas Madura. Kali ini kita akan membahas batik khas Cianjur.

Sejarah batik Cianjur

Batik Cianjur sudah dikenal sejak tahun 1920, dimana pada masa itu ada pengrajin batik yang berada di kelurahan Bojongherang, dan kain Poleng yang terkenal ada di daerah Sindanglaka, Karangtengah.

Selama bertahun-tahun, sulit menelusuri keberadaan dan ciri khas batik Cianjur, yang di dapat dari warisan budaya ini hanya bentuk dan gambaran yang ada pada batik masa lampau, yaitu gambar dan bentuk Kumeli. Kumeli sendiri belum bisa dipastikan apakah menggambarkan ubi jalar, kentang, atau lainnya.

Ciri Khas Batik Cianjur

Motif batik Cianjur cukup banyak, diantaranya motif padi, kecapi suling atau mamaos, motif maen po atau pencak silat, serta motif ayam Pelung. Semuanya terinspirasi dari budaya, tradisi, dan sumber daya alam yang melimpah di Cianjur.

Selain itu ada juga motif beas atau yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah beras, motif ini memiliki ciri khas kumpulan akar pohon, daun, pucuk bunga, batang pohon, bunga dan buah padi. Motif ini diambil dari ciri khas Cianjur sebagai wilayah penghasil beras yang berkualitas.

Banyak sejarawan yang menganggap batik Cianjur memiliki catatan sejarah pertanian masyarakat Cianjur pada masa lalu.

Batik Cianjur memiliki berbagai jenis batik, mulai dari Batik Galus, Batik Aria, Batik Gurisa, Batik Kinanti, Batik Pangkur, Batik Gunung Padang, Batik Lodaya, Batik Gawarugadha, hingga yang paling terkenal jenis Batik Galuh Mukti.

Itulah sedikit informasi tentang batik Cianjur. Semoga bermanfaat.

Advertisements
Salim Soraya Seorang manusia yang hobi nulis & ngeblog buat ngisi waktu luang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 49 = 54